5 Alasan yang Membuat Manusia Memiliki Rasa Takut Terhadap Makhluk Halus

Percaya atau tidak sampai detik ini jumlah orang yang takut terhadap makhluk halus tidak terhitung jumlahnya.

Malahan pernah ketika kami bertanya kepada beberapa orang/teman, sebagian besar/rata-rata mereka memang takut walaupun tidak pernah melihat atau bertemu makhluk halus secara langsung.


Banyak cerita mengenai pengalaman orang-orang yang mengalami kejadian aneh dan ganjil. Tidak sedikit pula orang yang menyatakan bahwa mereka melihat secara langsung sosok yang disebut makhluk gaib.

Lantas, apa yang membuat masyarakat hingga saat ini merasa takut terhadap makhluk halus?


Berikut ini beberapa alasan umum mengapa orang takut dengan makhluk halus.

1.  Adanya Perasaan Takut Mati
Ada suatu tradisi yang beranggapan bahwa apabila seseorang melihat makhluk halus maka hal tersebut adalah pertanda bahwa dia akan meninggal dunia dalam jangka waktu dekat.

Bahkan di beberapa negara di dunia ada mitos bahwa ketika seseorang melihat penampakan makhluk halus maka umurnya di dunia sudah terpangkas/berkurang.

2.  Takut Tubuhnya Disalah-gunakan
Fenomena orang kesurupan memang sering terjadi bukan saja di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain. Ternyata ketakutan orang akan makhluk halus juga salah satunya disebabkan akan hal ini.

Seseorang takut dengan makhluk halus karena ‘something’ ini dapat memasuki raganya dan melakukan sesuatu hal yang tidak dia inginkan dan sadari. Maksudnya adalah bahwa tubuhnya tidak lagi dalam kontrolnya.

3.  Takut akan Imajinasi Penampakan Jelek Makhluk halus
Walaupun belum pernah melihat ataupun bertemu dengan makhluk halus secara langsung, tetapi ada beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka takut makhluk halus karena dalam imajinasi mereka wajah dan performa dari ‘something’ tersebut sangat menakutkan dan jelek.

4.  Adanya Doktrin
Doktrin merupakan salah satu hal kuat yang menjadikan seseorang takut makhluk halus. Maksud doktrin dalam hal ini seperti contohnya ketika di masih kecil/anak-anak, seseorang telah sering ditakut-takuti atau ditanamkan bahwa makhluk halus itu berwajah menyeramkan, berbahaya, jelek dan lain-lain.

Bukan hanya itu, proses penanaman imej dari makhluk halus juga semakin kuat dengan bombardirnya cerita serta film atau segala sesuatu yang berasal dari media baik cetak maupun online tentang sosok sesuatu yang disebut makhluk halus.

5.  Representasi dari Segala Hal yang Tidak Diketahui
Secara psikologis, setiap manusia memiliki sisi ketakutan akan sesuatu yang gelap dan tak diketahui sebelumnya. Dan ditambah bombardir cerita atau pemberitaan dan film-film tentang makhluk halus yang dilihatnya, hal ini membuat rasa takut akan sesuatu yang tidak diketahui tersebut semakin besar.

Ambil contoh, saat ada suara aneh di malam hari maka secara otomatis orang-orang yang mempercayai dan takut makhluk halus akan menghubungkan bahwa suara tersebut adalah bunyi yang muncul karena gangguan ‘sesuatu’ yang ganjil dan tidak biasa.